Kamis, 03 November 2011

KEMAJUAN TEKNOLOGI PERSAINGAN SONY DAN SAMSUNG

          Teknologi digital....(menawarkan).... peluang terbesar kepada produsen yang tidak mengusai pangsa pasar di dunia analog. Asal melakukan perubahan strategi dengan benar , mereka dapat saja melampaui para pemimpin industri yang sedang terperosok.
         sony menguasai sebuah zaman yang lebih lambat ketika perusahaan ini dapat mengeluarkan produk baru seperti walkman sebagai barang mewah, kemudian secara perlahan menurunkan harga dan memperluas pasar seiring waktu berjalan . Sekarang, sejak munculnya produk murah dari asia pada tahun 1980-an, perusahaan perlu mengeluarkan rangkaian produk baru yang segera laku dalam volume besar dengan harga yang relatif murah, dan dengan cepat di gusur oleh produk yang lebih baru. Samsung adalah raja zaman ini. 
        Ini sebuah titik balik, beberapa tahun lalu, industri elektronik mencapai sebuah tonggak sejarah baru. Sony selama ini diakui sebagai produsen elektronik terbaik di dunia, namun pada tahun 2002, kapitalisasi pasar sony jatuh di bawah smasung, yang hanya sebuah produsen chip memori yang tidak begitu terkenal beberpa tahun sebelumnya. Pada desember 2006 kapitalisasi pasar samsung adalah sebesasr $106 miliar, naik 400% sejak tahun 2000 dan 2 kali lipat kapitalisasi pasar sony . Sajak menjabat CEO pada tahun 2007, jong-yong yun menjadi terkenal karna berhasil mengubah samsung electronics menjadi salah satu perusahaan paling menguntungkan di industri electronic. Sebaliknya, chairman sony nobuyuki idea dan presiden kunikate ando mengundurkan diri pada tahun 2005 dan digantika oleh howard stringer dan ryoji Chubachi.
        sony raja audio / video di tahun 1946, setahun setelah kekalahan jepang dalam perang dunia ke-2, sony didirikan dengan nama tokyo telecommunication engineering corporation . sony sendiri telah memproduksi sebuah kaset tape, radio transistor. dan di tahun 1960an sony memproduksi sebuah alat elektronik yaitu TV CRT(Cathode Ray Tube) .akan tetapi kesuksesan terbesar sony adalah walkman, pemutar kaset tape ringkas yg di perkenal sony pada tahun 1979. selanjutnya sony memproduksi monitor komputer berkualitas tinggi, VTR (Video Tape Recorder), CCD, camcorder sebesar paspor, kamera digital, disket ukuran 3,5 inci, CD, Mini Disc, dan DVD. Sony dari bahasa latin yaitu sonus yang artinya suara.
          Sedangkan samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Didirikan pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea. Sekarang ini, Samsung beroperasi di 6 bidang bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), Peralatan Rumah Tangga Digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD), media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor (Termasuk alat berat). Samsung (yang dalam bahasa Korea berarti tiga bintang) didirikan oleh Lee Byungchul.


Perbandingan antara sony dan samsung electronics :
       Perbandingan antara sony dan samsung electronics tidak akan bisa di lakukan secara tepat. Sony jelas sebuah perusahaan yang lebih tua perusahaan ini mulai sebagai sebuah perusahaan baru, sementara samsung mulai sebagai anak perusahaan samsung group. Selain itu misi kedua perusahaan ini juga berbeda. Sony didirikan pada tahun-tahun awal setelah perang berakhir di jepang. Sedangkan samsung sebagai perbandingan, didirikan selama periode pesat industrialisasi di korea. Lagi pula, bisnis inti sony dan samsung electronics sangatlah berbeda. Sony tidak hanya mengerahkan sumber dayanya untuk bisnis elektronik, tetapijuga musik, film, dan peranti lunak. Perusahaan juga mempunyai struktur bisnis B2C (Bisnis ke Pelanggan), meski samsung group secara keseluruhan sangat terdiversifikasi. Akan tetapi, apa pun perbedaan tersebut, sebuah perbandingan mengungkap beberapa pemahaman yang berguna. Pertama sony dan samsung electronics secara bersamaan bekerja sama dan bersaing satu sama lain. Mereka bersaing di sektor TV, DVD, peralatan audio, camcorder, kamera digital, dan telepon seluler. Meski begitu, mereka bekerja sama dalam produksi LCD (Liquid Crystal Display) lewat joint venture S-LCD mereka. Selain itu, samsung electronics memasok DRAM dan memori flash ke sony, namun membeli CCD (charge couple device) dan batery dari sony. Membandingkan dua perusahaan yang bersaing sekaligus bermitra mengungkap dinamika umum tentang bagaimana perusahaan –perusahaan dalam industri electronik merespon tantantangan bersama.
Tips, saran dan analisa
          TIPS & SARAN
Sebagai produsen yang membeli semua komponen ini dari luar tidak akan pernah menyesal karena komponennya lebih original. Karena sangat di sayangkan bila kita memiliki salah satu teknologi dengan komponen-komponen yang palsu di indonesia sendiri sangatlah jarang yang menjual komponen-komponen yang originalnya
         ANALISA
Di zaman era globalisasi ini kita harus mengetahui teknologi-teknologi yang canggih dan super modern namun sumber daya manusianya juga harus di kembangkan, dan untuk memahami tentang perteknologian, manusianya sendiri harus menciptakan dan mencari ilmu-ilmu baru di dalam perteknologian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar